Apa Saja Tugas ICANN Atau Internet Corporation for Assigned Names?

ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names merupakan istilah yang masih sangat asing di telinga masyarakat. Padahal tugas dari ICANN sangatlah dekat dengan masyarakat, khususnya bagi masyarakat digital atau masyarakat yang akrab menggunakan teknologi dan internet. Namun bagi sebagian masyarakat lain yang memiliki keahlian khusus dalam internet seperti penyedia jasa pembuatan website, ICANN ini bukan lagi kata yang asing.

Apa Saja Tugas ICANN Atau Internet Corporation for Assigned Names?

ICANN merupakan lembaga nirbala yang memiliki selogan khas yaitu “one world one internet” yang dibentuk pada 17 September 1998 dan resmi menjadi badan hukum pada 30 September 1998 di California, Amerika Serikat. Pada mulanya kantor pusat ICANN ada di Marina Del Rey menyatu dengan markas Information Sciences Institute, namun pada akhirnya markas ICANN pindah ke Playa Vista, Los Angeles.

Apa Tugas ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names?

ICANN memiliki prinsip operasi utama yaitu membantu agar operasional internet tetap terjaga kestabilannya, mewujudkan adanya keterwakilan internet global beserta komunitasnya, mendukung adanya persaingan, serta mengembangkan kebijakan sesuai misi dengan melalui proses berbasis konsensur dari bawah ke atas.

Secara teknis, ICANN mengelola sebuah fungsi dari IANA atau Internet Assigned Numbers Authority. IANA sendiri meliputi beberapa hal:

  1. Merancang protokol ARPA atau Adress and Routing Parameter Area dengan status top level domain
  2. Mengatur manajemen internet DNS zona root untuk status top level domain, dan
  3. Mengalokasikan penggunaan angka di internet

 

Apa Saja Tugas ICANN Atau Internet Corporation for Assigned Names?

Selain mengelola fungsi dari IANA, ICANN juga bertugas dengan sistem yang berkaitan dengan DNS atau Domain Name System global internet, termasuk di dalamnya mengembangkan kebijakan internasionaliasi DNS tersebut, kemudian mengenalkan domain tingkat atas atau TLD dengan variasi generik baru dan mengoprasikan peladen nama akar atau tadi kita sebut sebagai root zone.

Umumnya semua website yang sudah ada di mesin telusur sudah sesuai dengan standar ICANN seperti untuk negara Indonesia adalah .id, namun banyak pula website yang belum sesuai standar. Pada mulanya standar ini digunakan untuk membuktikan adanya komunitas internet global , namun saat ini fungsinya sudah sedikit bertambah dan mengalami penyimpangan, yaitu untuk melindungi website. Karena jika website Anda diketahui tidak sesuai standar, pasti akan ada beberapa konsekuensi yang ditanggung. Untuk itu saat Anda memilih jasa website seperti jasa pembuatan website Jakarta, pilihlah jasa yang sudah memenuhi standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *