Ini Dia Bahan-bahan Untuk Membuat Spanduk, Jangan Salah Pilih Ya!

Spanduk atau yang juga dikenal dengan nama MMT dan banner merupakan salah satu produk percetakan yang cukup banyak diminati. Spanduk biasa digunakan untuk sebuah acara, media promosi, dan untuk mengenalkan nama usaha.

Bahan-bahan Untuk Membuat Spanduk

 

Bahan yang dipakai untuk cetak spanduk bermacam-macam. Pemilihan bahan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya spanduk yang akan dipasang di pinggir jalan tentu memiliki bahan yang berbeda dengan spanduk yang digunakan di dalam ruangan. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang bahan apa saja yang dapat kita pilih untuk mencetak spanduk.

Jenis Bahan untuk Mencetak Spanduk

1. Flexi Jerman

Bahan untuk mencetak spanduk yang pertama yaitu flexi jerman. Bahan ini memiliki ketebalan sekitar 230-400 gram. Dengan ketebalan yang cukup, bahan flexi jerman cocok sekali digunakan untuk kebutuhan luar ruangan atau outdoor. Tidak banyak percetakan yang menyediakan bahan spanduk yang satu ini karena harganya yang cenderung lebih mahal.

Namun harga yang mahal itu sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Apabila kita ingin memasang iklan atau media promosi di  luar ruangan, flexi jerman bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Flexi Korea

Flexi korea merupakan bahan yang dapat kita pilih untuk cetak spanduk outdoor maupun indoor. Kualitas dan ketebalan bahan ini memang berada di bawah flexi jerman. Namun untuk kebutuhan outdoor, bahan flexi korea masih bisa diandalkan.

Adapun gramasi yang dimiliki oleh flexi korea sekitar 250 gram hingga 400 gram.

3. Flexi Cina

Bahan ketiga untuk mencetak spanduk atau banner adalah flexi china. Diantara bahan flexi lainnya, flexi cinalah yang memiliki kualitas paling rendah. Bahannya berserat dan cenderung lebih tipis. Biasanya yang digunakan untuk mencetak banner adalah flexi cina yang memiliki gramasi 260 hingga 340 gram.

Flexi china lebih banyak digunakan untuk spanduk outdoor meskipun warnanya gampang pudar. Tak jarang bahan ini juga dipakai untuk spanduk indoor.

4. Easy Banner

Bahan easy banner lebih banyak digunakan untuk mencetak standing banner yang digunakan di outdoor. Easy banner sangat cocok untuk keperluan luar ruangan karena karakteristik bahannya cenderung kasar dan kaku. Namun belum banyak yang mengetahui bahan easy banner ini karena memang belum banyak digunakan di Indonesia.

5. Luster

Berbanding terbalik dengan easy banner, bahan luster ini lebih cocok digunakan untuk mencetak banner indoor. Hal ini disebabkan oleh karakteristik bahannya yang tipis. Biasanya bahan luster dipakai untuk roll up banner dan juga X banner. Kelebihan lain dari bahan ini adalah tak perlu laminasi setelah pencetakan karena sudah glossy.

6. Albartos

Untuk cetak spanduk yang digunakan di indoor atau dalam ruangan, albsrtos ini bisa dipilih menjadi bahan cetak spanduk terbaik. Permukannya halus dan lebih lembut dibandingkan dengan bahan yang lain. Albartos juga sangat cocok untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar.

7. Banner Cloth

Bahan terakhir yang bisa kita pilih untuk mencetak sepanduk adalah banner cloth. Sesuai dengan namanya, bahan ini seperti kain pada umumnya. Bahan ini sangat ringan sehingga lebih banyak digunakan untuk diterbangkan menggunakan balon. Meskipun terbuat dari kain, bahan banner cloth ini tetap bisa digunakan untuk digital printing.

Demikian informasi tentang bahan untuk cetak spanduk dari Produksitaliidcard.com yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Kita juga sudah mengetahui perbedaan dan kelebihan serta kekurangan dari masing-masing bahan yang telah dibahas di atas. Jadi, sudah tidak bingung kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *