Berlibur Ke Jogja Dengan Tabungan Seadanya? Tentu Saja Bisa!

Berlibur Ke Jogja

Liburan menjadi ajang untuk melepas penat dari berbagai kegiatan kita sehari-hari. Dengan adanya liburan, kerja tubuh dan pikiran kita akan kembali optimal. Daerah Jogja menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Banyak objek wisata yang ada di Jogja sudah mempunyai ruang khusus dihati para Traveler, baik lokal maupun mancanegara. Jogja terkenal dengan “Kesederhanaan” nya, hampir disetiap titik di Jogja memiliki harga yang relatif murah. Walaupun begitu, kita tetap harus memerhatikan beberapa hal dalam berlibur di Jogja.

1. Perjalanan Ke Jogja

Untuk kamu yang disekitaran jabodetabek, berlibur ke daerah Jogja dapat menggunakan kereta. Kenapa mesti kereta? Karena kereta adalah transportasi paling efisien dan biaya murah untuk menuju Jogja. Kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen menuju Jogja biasanya menggunakan kereta KA Progo atau KA Bengawan dengan kelas ekonomi. Untuk masalah harga, jangan khawatir, cukup 60 sampai 75 ribu rupiah. Perjalanan dari Jakarta ke Jogja kisaran 8-9 jam dan berhentilah di Stasiun yang dekat dengan target penginapan kamu di Jogja.

2. Penginapan Hotel Dan Lainnya

Tempat menginap adalah hal penting dalam melakukan aktivitas liburan. Carilah tempat penginapan yang murah namun nyaman untuk kamu tempati dan tentunya sesuai dengan tabungan kamu. Kamu dapat mencari kos ekslusif didaerah sekitar kampus di Jogja sepert UGM dan UNY. Biasanya penyewaan kamar perharinya yaitu kisaran 200 ribu rupiah. Saran lainnya, kamu dapat memesan hotel kapsul disekitaran wilayah malioboro. Untuk masalah harga, cukup dengan biaya kisaran 150 ribu rupiah kamu dapat memesan satu kasur kapsul semalam. Alternatif penginapan lainnya adalah kamu menumpang ditempat tinggal temen atau kenalan kamu yang berdomisili di Jogja, hemat hingga 0 rupiah! Hehee…

3. Transportasi

Daerah jogja memiliki berbagai jenis transportasi umum yang dapat kamu gunakan selama berlibur. Namun tidak semua transportasi umum di Jogja menuju ke objek wisata yang kamu inginkan. Untuk transportasi, kamu dapat menggunakan transjogja cukup dengan membayar 4,5 ribu kamu dapat berjalan kemana saja dalam sekali perjalanan. Namun, transjogja memiliki kekurangan yaitu rute perjalanannya yang ribet sehingga bagi kamu yang baru ke Jogja akan kesulitan. Saran lain yaitu kamu menggunakan jasa ojek online menuju objek wisata yang kamu inginkan. Kelebihan dari ojek online yaitu rutenya mudah kamu tinggal duduk manis hingga sampai tujuan, namun harga akan sesuai jarak yang kamu tempuh yang biasanya cukup mahal.

Simak Juga : 11 Desa Terindah di Dunia, diantaranya ada di Indonesia

Alternatif lainnya yaitu kamu menyewa kendaraan pada tempat-tempat rental. Misalnya kamu liburan berdua, lebih efisien untuk menyewa motor saja, namun jika liburan rombongan silahkan untuk menyewa mobil. Kelebihan dari menyewa kendaraan adalah, kamu bebas mengunjungi setiap tempat di Jogja tanpa harus khawatir dengan biaya pengeluaran, cukup menyiapkan biaya bensin dan penyewaan. Untuk harga penyewaan motor berkisar 60-70 ribu rupiah dan mobil berkisar 250 ribu rupiah pada rental sekitar kampus-kampus di Jogja yang lebih murah.

4. Wisata

Jogja menyimpan banyak objek wisata yang tak kalah kerennya dengan daerah lain. Wisata murah menjadi fokus para Traveler yang hanya memiliki tabungan secukupnya. Wisata berkualitas dan murah di Jogja yaitu Wisata Hutan Pinus yang berada di Kabupaten Bantul. Untuk harga, kamu cukup siapkan uang 10 ribu untuk dua orang dan sudah termasuk biaya parkir dan masuk ke wisatanya. Saran lainnya adalah kamu dapat mengunjungi alun-alun pada malam hari. Menikmati indahnya sinar lampu dan disini terdapat dua pohon beringin dimana kalau kamu ditutup matanya dan dapat berjalan melewati antara dua pohon tersebut, maka mitosnya kamu dianggap akan beruntung. Alternatif lainnya adalah malioboro yang merupakan pusat perbelanjaan di Jogja. Disini kamu dapat menemukan kuliner yang murah namun enak, pakaian bagus, dan oleh-oleh khas Jogja. Oleh-oleh yang cukup dengan tabungan kamu yang seadanya yaitu bakpia dengan harga 10-15 ribu sekotaknya dengan isi 20 buah, batik di Pasar Beringharjo yang memiliki kualitas bagus dan harga yang cukup murah, dan terakhir yaitu oleh-oleh gudeg khas Jogja dalam bentuk kaleng dengan kisaran harga 28 ribuan.

Begitulah ulasan dan tips dalam berlibur ke Jogja walaupun dengan tabungan kamu yang seadanya. Semoga ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan tentunya membuat kita lebih bijak dalam berlibur. Have a nice day! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *