Inilah 5 Alasan Mengapa Lantai Vinyl Lebih Banyak diminati

Kathleenamurphy.com – Bingung ingin memilih lantai hunian setelah renovasi? Takut menggunakan lantai keramik karena mudah pecah dan rusak? Atau takut memilih lantai jenis ubin karena terlalu dingin? Jangan lupakan masih ada alternatif menggunakan lantai vinyl. Kini banyak jenis vinyl yang digunakan seperti vinyl tile atau vinyl roll.

Keuntungan Lantai Vinyl

Memilih material untuk lantai di rumah memang tidak bisa sembarangan. Rumah akan digunakan dalam waktu yang lama. Anda tentunya tidak ingin lantai rusak padahal baru digunakan beberapa tahun saja. Ingin menggunakan lantai seperti marmer yang kuat tapi harganya terlalu mahal. Jadi sebaiknya anda menggunakan lantai vinyl tile saja untuk biaya yang lebih murah sekaligus tahan lama.

Keuntungan Lantai Vinyl yang Menjadi Alasan Sering dipilih

Ada begitu banyak keuntungan yang pasti akan Anda dapatkan jika menggunakan lantai vinyl murah. Keuntungan-keuntungan inilah yang membuatnya lebih banyak dipilih. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu membuat lantai plester kemudian mengalasinya dengan lembaran vinyl. Masih ragu menggunakan lantai vinyl? Anda perlu menyimak beberapa keuntungan penggunaannya berikut ini:

  • Tersedia beragam motif dan warna

Satu hal yang tidak terlewatkan ketika memilih jenis lantai adalah motif serta warnanya. Tentu Anda tidak ingin lantai yang biasa saja bahkan terkesan membosankan. Inilah alasannya harus memilih lantai vinyl karena begitu banyak warna hingga motif yang bisa dipilih. Ada motif dan warna seperti kayu, marmer, keramik bahkan ada juga yang bergambar. Cukup memilih manakah yang sesuai dengan desain ruangan rumah.

  • Tersedia berbagai jenis

Seperti yang sekilas telah dijelaskan bahwa lantai jenis vinyl ini memiliki banyak jenis dan ukuran. Anda bisa menggunakan vinyl tile yang bentuknya kotak seperti lantai keramik. Ada juga vinyl plank yang ukurannya persegi panjang persis seperti parket kayu. Ada juga vinyl roll yang ukurannya sangat luas dan berbentuk roll. Anda cukup membeli menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

  • Permukaan halus

Lantai vinyl memiliki kelebihan bahannya yang sangat halus namun tidak licin. Lapisan yang dibuat bukan hanya lembaran plastik yang tebal tetapi terdapat juga busa di bawahnya. Busa inilah yang akan membuat lantai terasa empuk dan halus. Jadi jika jatuh di atasnya tidak akan terlalu sakit seperti lantai keramik. Busa yang digunakan pun bukan busa yang mudah kempes tetapi awet.

  • Perawatan mudah

Proses membersihkan lantai berbahan vinyl tidak sesulit yang Anda bayangkan. Untuk membersihkan cukup dengan kain pel saja kemudian dikeringkan. Jika terdapat goresan, Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru (khusus jenis lantai vinyl tile atau plank). Karena perawatannya yang mudah inilah membuat lantai vinyl bisa bertahan lama atau awet dibandingkan jenis lantai yang lainnya.

  • Harganya yang murah

Tidak hanya harganya yang murah, lantai jenis vinyl ini sangat mudah dipasang. Anda tidak butuh waktu lama sehingga menguras budget renovasi. Jika ingin memasang cukup ukur denah lantai rumah terlebih dahulu. Kemudian belilah vinyl dalam bentuk plank atau tile saja. Karena kedua jenis inilah yang akan lebih hemat daripada roll. Kemudian susun lantai hingga semua teralasi dengan baik dan rapi.

Semua alasan ini tentu saja sudah terbuktikan oleh mereka yang menggunakan lantai vinyl. Buktinya hingga saat ini lantai vinyl selalu laris dipasaran. Bahkan Anda tidak perlu memasangnya sendiri, biasanya para penjual lantai akan memberikan paket penjualan sekaligus pemasangan lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *