Begini Agar Penulisan Artikel Eksposisi Agar Mudah Dipahami

Pernah mendengar apa itu teks eksposisi? Saat duduk di bangku sekolah, mungkin kamu pernah mendengar bahkan mempelajari teks tersebut. Tujuan dari teks tersebut, yakni buat menyampaikan informasi pada pembaca.

Penulisan Artikel Eksposisi

Dalam menulis jenis teks tersebut, kamu perlu memahami bagaimana teknik penulisan yang benar. Tentunya, akan sangat penting jika kamu kamu ingin isi dari tulisan tersebut dipahami oleh audiens. Terlebih lagi jika kamu sedang merintis menjadi seorang blogger. Kamu perlu mengetahui teknik penulisan yang tepat. Namun buat kamu yang tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan jasa penulisan artikel yang kini banyak ditawarkan oleh agen penulisan.

Teknik Penulisan Artikel Eksposisi Agar Isi Bisa Dipahami Audiens

Dalam penulisan artikel eksposisi, kamu perlu memiliki kemampuan berbahasa dan keahlian dalam penulisan teks. Maka dari itu, kamu bisa memperhatikan teknik penulisan berikut.

  1. Kamu perlu menentukan tema artikel yang akan kamu buat. Dengan adanya tema, akan membantu proses menulismu selalu fokus dan tidak menyimpang. Untuk topik, kamu bisa mengembangkannya melalui sifat topik di bawah ini.
  2. Data faktual, merupakan penulisan teks yang secara real terjadi di kehidupan. Misalnya saja teks mengenai suatu kejadian yang pernah terjadi.
  3. Melalui analisis data serta berdasarkan tafsiran fakta yang terjadi
  4. Fakta yang tidak bisa dirubah secara pendirian
  5. Tentukan juga tujuan dari penulisan teks eksposisi, agar pembaca bisa menyimpulkan penjelasan akhir dari tujuan artikel ditulis.
  6. Pilihlah data yang terfokus dan tidak menyimpang dari tema awalmu. Setelah melewati beberapa tahapan teknik penulisan di atas, kamu perlu mencari data yang menunjang tulisanmu. Kamu bisa mendapatkannya melalui literatur buku bacaan, searching via internet, majalah, hingga melalui wawancara secara langsung dari narasumber.
  7. Selanjutnya, kamu bisa membuat kerangka penulisan. Dalam pembuatan kerangka, kamu harus membuatnya dengan struktur yang jelas, lengkap, serta terstruktur.
  8. Langkah terakhir kamu bisa mulai mengembangkan tulisan berdasarkan kerangka yang telah kamu buat.
  9. Kembangkan kembali tulisan demi mendapatkan artikel eksposisi yang objektif, bersifat logis, serta informatif bagi audiensnya.
  10. Terakhir, kamu perlu menyertakan kesimpulan agar mampu memperkuat tesis dari artikel yang telah kamu buat.

Teknik penulisan di atas cukup mudah buat kamu praktekkan bukan? Namun jika kamu tidak ingin dipusingkan dengan mempelajari cara penulisannya, kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan artikel yang kini banyak ditawarkan oleh agen penulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *